Wisata Kuliner Jogja Enak dan Paling Populer

Wisata Kuliner Jogja Enak dan Paling Populer

Selain berwisata alam, kulineran yang enak juga harus di lakukan saat kita liburan ke Yogyakarta, variannya ada banyak dengan rasa yang sangat unik. Nah, untuk kalian yang mau berwisata ke Jogja, yuk simak rekomendasi kuliner di bawah ini.

1.Bakmi Jowo Mbah Gito

Bukan Cuma kelezatan santapannya saja namun suasana Jawa tradisional di sini bogopapua juga membuat pengunjung akan mengarungi lorong waktu menuju masa silam.

2.Gudeg Yu Djum

Gudegnya tidak berkuah dan rasanya lebih dominan manis. Gudeg Yu Djum ini juga paling legendaris di Jogja. Cabangnya ada banyak, namun dapur utamanya berada di Mbarek dan buka dari jam 5 pagi. Kalian juga akan bisa melihat proses memasaknya yang masih memakai kayu bakar.

3.Gudeg Pawon

Dapur menjadi tempat yang sangat krusial bagi rumah makan. Sangking krusialnya, terkadang pengunjung tak di izinkan untuk mendatangi tempat memasak itu.

4.Bakpia Kurnia Sari

Sama seperti gudeg, bakpia juga identik dengan makanan khas Jogja. Bakpia Kurnia Sari juga sangat populer karena kulitnya yang tipis dan juga lembut. Bakpia ini juga tahan selama 10 hari di suhu ruangan sehingga sangat cocok untuk di jadikan oleh  oleh dari Jogja.

5.Banyu Mili

Puas bersenang-senang di wahana air, langsung dilanjut dengan wisata kuliner. Sepiring udang bakar madu yang tersaji di meja terlihat sangat menggoda.

6.Kopi Klotok

Masakan yang di sajikan memang bersahaja, seperti sayur lodeh terong, dan lain – lain. tetapi rasanya juga sangat lezat serta dengan harga yang bersahabat. Rata – rata juga berada di bawah Rp 10.000. dengan atmosfer pedesaan Jawa, warung kopi ini di penuhi wisatawan sejak jam 7 pagi.

7.Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah terletak di Jl. Asem Gede, dekat Pasar Kranggan, Jetis. Jika biasanya gudeg terkenal dengan rasanya yang manis, di warung tenda milik Bu Tinah ini gudeg terhidang dengan rasa yang super pedas meledakkan mulut.

8.House of Raminten

House of Raminten merupakan alternatif tempat makan sekaligus tempat nongkrong di Yogyakarta. Angkringan semi cafe ini menyediakan beragam citycollegenews.com menu mulai dari menu angkringan hingga menu-menu yang terdengar unik dan nyentrik. Suasana tradisional Jawa sangat kentara di cafe ini.

9.Soto Kadipiro

Ingin merasakan bagaimana rasa soto yang usianya hampir satu abad? Cobalah soto Kadipiro  ini ya!

10.Tengkleng Gajah

Meskipun namanya Tengkleng Gajah, bukan berarti warung tengkleng yang terletak di kawasan Bulurejo ini menggunakan daging gajah sebagai bahan utama menunya. Tengkleng Gajah tak lain adalah tengkleng kambing muda yang disajikan dalam porsi besar, seperti gajah.

11.Gudeg Mbah Lindu

Mbah Lindu mulai terkenal sebagai penjual gudeg tertua di Indonesia. Katanya, simbah yang usianya hampir satu abad ini sudah jualan sebelum zaman penjajahan Jepang atau lebih dari 73 tahun yang lalu.

12.Gudeg Sagan

Manis, gurih, dan pedasnya seporsi gudeg lengkap di rumah makan ini. gudegnya selalu bisa membuat perut kita lapar seketika. Saat jam makan siang atau makan malam tiba, rumah makan ini pasti selalu padat pembeli loh.

13.Bale Raos

Bale Raos adalah satu-satunya restoran yang menyajikan masakan kesukaan Sultan Yogyakarta.

14.Mangut Lele Mbah Marto

Memang bikin emosi mencari lokasi warung makan Mbah Marto yang nyempil di tengah perkampungan, apalagi tidak ada papan penunjuk jalan menuju ke sana dari Jalan Parangtritis. Mau tak mau harus bertanya penduduk sekitar untuk menemukan keberadaannya.

15.Joglo Pari Sewu

Bangunan lawas seperti joglo atau pendopo selalu membuat hati terpikat. Apalagi bila dipadukan dengan suasana alamnya yang masih kental. Di tempat makan unik Joglo Pari Sewu bisa menikmati bangunan lawas sekaligus berwisata di bantaran sungai.

16.Oseng – Oseng Mercon Bu Narti

Nasi putih panas di padu dengan oseng – oseng super pedas meledak di mulut. Lezatnya kikil bercampur dengan aneka bumbu dapur yang menggoyang lidah, menuntut kita untuk pantang berhenti menyuap.

17.Saoto Bathok Mbah Katro

Mencicipi kuliner mblusuk yang legendaris di Jogja, Saoto Bathok Mbah Katro, soto sapi dalam mangkok dari batok kelapa.

18.Bale Ayu Resto Imogiri Timur

Bale Ayu Resto menawarkan aneka olahan gurami bercita rasa istimewa. Berbagai pilihan kuliner lainnya juga tak kalah menggoda. Tempatnya luas dengan joglo, area lesehan dan gazebo, pas sebagai tempat untuk menjamu kolega atau bersantai bersama keluarga. Jam buka: Senin – Minggu, 09.00 – 22.00 WIB

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan terbaik di Jogja. Semoga bermanfaat.