Wisata di Kepulauan Seribu? Yuk, Kunjungi Titik Di Wilayah Ini

1 | Pulau Bidadari

Pulau Bidadari dulunya bernama Pulau Purmered atau Pulau Sakit, karena diterapkan sebagai daerah pengasingan orang sakit pada zaman penjajahan Belanda. Di Pulau Bidadari, Sobat Pesona bisa menjalankan beragam kegiatan watersport seperti banana boat, jetski, dan kano. Dengan berlibur #DiIndonesiaAja, Sobat Pesona bisa menemukan salah satu tamasya terbaik yang ada di Pulau Bidadari, yaitu menginap di eco-friendly resort. Resort ini mempunyai desain mahjong slot seperti perkampungan nelayan Minahasa di Sulawesi Utara yang mengapung di atas laut. Membayangkan keseruannya saja telah bikin hati bahagia nih, Sobat Pesona!

2 | Pulau Ayer

Pulau Ayer diketahui dengan tamasya resort yang mengambil tema rumah adat Papua berupa Honai, yang berlokasi mengapung diatas laut. Dahulunya, Presiden Soekarno sampai raja-raja Banten menjadikan pulau ini sebagai daerah peristirahatannya. Fasilitas di pulau ini tergolong lengkap, mulai dari penginapan murah sampai resort, macam tamasya air yang menarik, toko-toko cendera mata serta jadwal kapal yang cukup banyak menuju Pantai Marina Ancol. Sobat Pesona juga tidak perlu khawatir, karena keselamatan, kebersihan dan kenyamanan para pengunjung akan selalu diprioritaskan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

3 | Pulau Onrust

Pulau Onrust lazimnya dikunjungi dalam one-day trip bersama dengan Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Pulau Onrust mulanya yaitu wilayah asrama haji yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda bagi jamaah haji Indonesia. Nama pulau ini berasal dari bahasa Belanda ‘Onrust’ yang artinya \\’Tak pernah beristirahat\\’, karena pada zaman penjajahan Belanda Pulau Onrust menjadi pusat pergudangan dan daerah hilir mudik kapal angkatan laut Belanda yang selalu ramai setiap harinya. Namun semenjak tahun 1972, Pulau Onrust dilegalkan menjadi Cagar Kebiasaan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, dan sampai kini menjadi salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Wisata misteri yang menjadi saksi bisu atas terjadinya beragam momen bersejarah di Pulau Onrust pun mempunyai penggemar yang cukup banyak. Jikalau berminat menelusurinya, Sobat Pesona bisa mengintip sisi lain dari sisa-sisa bangunan benteng pertahanan milik angkatan laut Belanda yang ada di sekitar pesisir pantai Pulau Onrust.

Selama berkunjung, Sobat Pesona direkomendasikan untuk tetap menjaga jarak, mengaplikasikan masker dan rutin mencuci tangan, ya. Tak ada ada penginapan di pulau ini, namun Sobat Pesona bisa menjalankan camp bila berminat untuk bermalam.

4 | Pulau Tidung

Pulau Tidung mempunyai 2 pulau, yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan oleh Jembatan Cinta. Pulau Tidung Besar yaitu pulau berpenghuni sehingga fasilitas awam di pulau ini terbilang lengkap. Sebaliknya, Pulau Tidung Kecil yaitu wilayah penelitian serta konservasi hutan bakau (mangrove) yang tidak berpenghuni. Di Pulau Tidung Kecil, Sobat Pesona bisa menjalankan snorkeling serta diving. Air laut yang bening dan perairannya yang bebas polusi, dijamin akan membuat Sobat Pesona betah berlama-lama bermain air. Walaupun tamasya di Tidung lazimnya berupa pantai, Sobat Pesona bisa berkeliling di sepanjang Jembatan Cinta dengan sepeda yang banyak disewakan oleh penduduk lokal.

5 | Pulau Pari

Pulau Pari diketahui dengan tamasya Pantai Pasir Perawan serta terumbu karangnya yang benar-benar memesona. Selain Pantai Pasir Perawan, di sini Sobat Pesona juga bisa menikmati pemandangan sunset serta sunrise yang memanjakan mata. Atraksi tamasya lain di pulau ini antara lain watersport, menanam bakau, bersepeda keliling pulau, snorkeling, diving, serta berkunjung ke institusi penelitian biota laut milik LIPI.