Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat Selain Raja Ampat

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Banyak orang yang sadar kalau Indonesia anggota Timur punya panorama alam yang eksotis dan terhitung mempesona. Selain itu terhitung semua wisata alam di timur Indonesia ini masih terjaga keasriannya, mulai dari pantai, danau, bukit, maupun pegunungannya. Penasaran apa saja area wisata yang mampu kamu kunjungi di Papua Barat? Berikut area wisata di Papua Barat yang mampu kamu kunjungi.

Tempat Wisata Alternatif Selain Raja Ampat di Papua

1. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Berlokasi di teluk cendrawasih taman laut ini merupakan taman nasional terluas di Indonesia, berada di papua barat, destinasi ini merupakan surganya para penyelam, sebab beraneka ragam biota laut menghuni taman nasional ini loh.

Tempat ajaib di Papua Barat yang penuh bersama dengan keindahan laut dan kehidupan bawah airnya ini sangat unik, sebab disini kamu akan berjumpa beraneka ikan berwarna-warni dan ikan paus raksasa yang ramah.

Tidak hanya kehidupan bawah laut yang menarik perhatian, Taman Nasional Teluk Cenderawasih terhitung punya pesona alam di daratannya. Hutan-hutan hijau yang lebat dan pantai-pantai berpasir putih meningkatkan keindahan area ini. Kamu mampu menjelajahi daratan untuk menikmati keindahan alam yang tak tertandingi.

Lokasi: Sobei Indah, Duairi, Teluk Wondama, Papua Barat (Google Maps)

2. Pulau Misool

Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar di kepulauan Raja Ampat yang letaknya berada di pada pulau Papua Barat dan pulau Seram. Pulau Misool ini merupakan surga bagi para penyelam sebab disini terkenal bersama dengan pesona bawah lautnya yang indah.

Kalau kamu menyelam, kamu akan melihat deretan terumbu karang yang indah dan ragam biota lautnya. Selain itu, di pulau Misool ini tersedia pantai pasir putih yang cantik bernama pantai Yelit. Di pantai Yelit ini kamu mampu melihat ikan hiu yang tergolong lumayan langka di pesisir pantainya, yakni ikan hiu karang sirip hitam. Karena spesies hiu ini tergolong hampir terancam punah, kamu hanya boleh melihatnya saja ya.

Lokasi: Lilinta, Misool Barat, Raja Ampat, Papua Barat

Baca juga:

Tempat Wisata di Sabang Terpopuler, Pantainya Indah Banget

Tempat Wisata Hits di Jayapura Papua, Pesona Keindahannya Tiada Tanding

3. Gunung Arfak

Gunung Arfak adalah nama gunung tertinggi di Papua Barat. Wisata gunung ini terkenal sebab menyunguhkan 2 panorama danau yang indah. Nama danau tersebut adalah danau Anggi Giji (danau laki-laki) dan danau Anggi Gida (danau perempuan). Letak ke dua danau tersebut bersebelahan dan hanya terpisah oleh perbukitan.

Selain itu, di Gunung Arfak kamu terhitung mampu lakukan kegiatan melihat burung (bird watching). Lokasi melihatnya di Kampung Maibri dan Kampung Kwauw. Burung di gunung Arfak beberapa diantaranya tergolong langka loh, contohnya: Astrapia Arfak dan Bower Bird.

Lokasi: Kwokwisngung/Kwok II, Hingk, Gunung Arfak, Papua Barat

4. Danau Framu

Di Papua Barat terhitung tersedia wisata danau yang airnya sebening cermin loh, namanya Danau Framu. Letak danau ini berada di pedalaman Papua Barat, tepatnya di Ayamaru. Sedikit sukar untuk menuju wisata ini, tetapi rasa capeknya akan terbayarkan setelah kamu melihat keindahan danaunya. Berwarna biru dan dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga keasriannya, sungguh pesona alam yang sangat memukau. Tidak lengkap rasanya kalau kamu tidak berenang disini, jadi pastikan kamu mempunyai pakaian pindah ya!

Lokasi: Framu, Ayamaru, Maybrat, Papua Barat

5. Situs Purbakala Tapurarang

Sebuah website yang menampilkan kejayaan dan kehidupan penduduk purba yang udah menghuni wilayah ini ratusan tahun yang lalu. Melalui peninggalan arkeologis yang ditemukan di website ini, kamu mampu mempelajari perjalanan panjang peradaban manusia di Nusantara.

Dalam website ini kamu mampu mendapatkan jejak darah telapak tangan manusia dan binatang di bebatuannya loh. Jejak itu berasal dari zaman prasejarah yang udah tersedia sejak ratusan tahun yang lalu. Berlokasi di Kokas, Fak Fak destinasi ini dikelilingi hutan bakau yang lebat. Selain itu di hutan ini terhitung jadi area tinggal beraneka macam type burung, mulai dari bangau hingga burung cendrawasih.

Lokasi: Patimburak, Ditrik. Kokas, Fakfak, Papua Barat

error: Content is protected !!