Rekomendasi Tempat Mancing Ikan Liar, Ada yang di Jakarta

Wilayah Jakarta dan Jawa Barat memiliki banyak tempat pemancingan yang dapat dikunjungi. Ikan-ikan yang tersedia terhitung kebanyakan tergolong liar atau bukan sengaja disebar bibitnya untuk dipancing pengunjung.

“Di Jakarta tersedia terhitung spot untuk memancing,” kata Ketua Asosiasi Pemancingan Indonesia Daeng Antodi pameran Indofest 2023, Sabtu.

Dengan demikian, Daeng berikan lebih dari satu anjuran tempat di Jakarta dan Jawa Barat yang dapat dijadikan lokasi memancing untuk melepas setelah kalian bermain. Simak lebih dari satu di antaranya.

1. Kepulauan Seribu

Jika ingin memancing di laut, lokasi paling dekat berasal dari Ibu Kota adalah Kepulauan Seribu, utamanya di kawasan perbatasan pada Tangerang dan Karawang.

“Paling dekat Pulau situs judi bola terpercaya Seribu. Mulai berasal dari perbatasan Tangerang sana sampai ke Karawang. Itu spot mancing untuk salt water (air asin),” ujar Daeng.

Menurutnya, di lokasi berikut masih terkandung banyak ikan yang dapat dipancing biarpun jumlahnya sudah menyusut berasal dari tahun ke tahun. Salah satu penyebabnya adalah pencemaran di laut.

Pencemaran tersebut, lanjutnya, sebabkan lebih dari satu model ikan, sekiranya ikan tuna, susah ditemukan.

“Sampai hari ini sangat mungkin itu sudah jauh menyusut spesies kuantitas menyusut sangat prihatin,” tuturnya.

2. Waduk Jatiluhur

Jika ingin memancing di air tawar di tempat yang tidak sangat jauh berasal dari Jakarta, Daeng menganjurkan untuk mendatangi Waduk Jatiluhur di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

“Itu kalau kita mancing secara alam, maksudnya ikan liar itu masih layak,” kata Daeng.

Dilansir berasal dari laman formal Sistem Bendungan dan Waduk, Waduk Jatiluhur dibangun bersama membendung Sungai Citarum. Luas tempat aliran sungainya lebih kurang 4.500 kilometer (km) persegi.

Bendungan ini dibangun merasa tahun 1957 bersama peletakan batu pertama ditunaikan oleh Presiden Soekarno. Selanjutnya pada 26 Agustus 1967, bendungan ini diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Waduk Jatiluhur pada dasarnya bermanfaat didalam penyediaan air irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) bersama tiap tahunnya dikelola oleh Perum Jasa Tirta II.

3. Waduk Cirata

Tempat memancing di air tawar lainnya, kata Daeng, adalah Waduk Cirata yang airnya mengaliri tiga kabupaten yaitu Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Daeng, Waduk Cirata terhitung masih layak untuk dijadikan spot memancing air tawar gara-gara suasananya masih alami.

Ikan-ikan di tempat itu terhitung bukan ikan yang sengaja diternakan, tetapi  masih terhitung ikan liar yang berasal berasal dari Sungai Citarum.

4. Waduk Saguling

Berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, Waduk Saguling terhitung dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin merasakan memancing ikan liar di air tawar.

Daeng menyampaikan, ikan di waduk ini tergolong ikan liar berasal dari Sungai Citarum.

“Waduk Saguling terhitung dapat dijadikan tempat mancing di air tawar, ikannya masih liar bukan sengaja diternak,” ujarnya.

Daeng pun mengimbau sehingga tiap-tiap orang yang datang untuk memancing selalu menjaga kebersihan, baik laut, waduk, maupun sungai.

Hal itu ditunaikan untuk selalu menjaga habitat ikan-ikan yang ada.