Batu Caves, Gua Kapur Berusia Ratusan Tahun yang Jadi Destinasi Wisata Religi di Malaysia

Jakarta, Batu Caves di Selangor, Malaysia, memiliki tempat yang istimewa di pecinta tamasya alam dan tamasya religi. Gua ini menawarkan panorama rangkaian gua batu kapur natural yang diyakini telah terbentuk slot77 login lebih dari 400 juta tahun lalu. Berjarak sekitar 13 km dari Kuala Lumpur, rumit ini mencakup beberapa gua besar dan gua kecil, masing-masing dengan karakteristik uniknya sendiri.

Gua utama, yang dikenal sebagai Cathedral Cave atau Temple Cave, yakni tempat berdirinya kuil yang didedikasikan untuk dewa Hindu Murugan. Itu sebabnya, gua ini menjadi favorit pelancong Hindu. Untuk mencapai kuil ini, pengunjung harus menaiki 272 anak tangga yang cukup menantang.

Kuil dan struktur terkaitnya dikembangkan pada akhir abad ke-19 oleh imigran India yang menetap di tempat tersebut. Seiring waktu, Batu Caves telah berkembang menjadi tujuan tamasya dan religi yang signifikan, memadukan keajaiban alam geologis dengan unsur budaya dan spiritual.

Kekuatan tarik utama Batu Caves
Kuil Batu Caves, juga dikenal sebagai Kuil Sri Subramaniar Swamy, yakni salah satu kuil Hindu terlebih di luar India dan menarik peminat bagus dari kelompok sosial Hindu lokal maupun internasional. Patung emas ikonik dewa Hindu Murugan berdiri di pintu masuk Batu Caves. Percaya atau tidak, dengan ketinggian 140 kaki, itu yakni patung Murugan tertinggi di dunia.

Batu Caves juga tenar sebagai tuan rumah festival tahunan Thaipusam, salah satu festival Hindu terlebih di Malaysia. Selama acara ini, umat mengerjakan ziarah ke kuil, acap kali membawa kavadi (kerangka hiasan) sebagai bentuk pengabdian dan penebusan dosa. Festival ini berlangsung pada bulan kesepuluh dalam kalender Tamil, ideal pada dikala cahaya bulan bercahaya penuh. Dalam kalender Masehi, peristiwa ini berlangsung sekitar Januari akhir sampai Februari awal.

Batu Caves menarik banyak pelancong dan pengunjung karena signifikansi budaya, agama, dan alamnya. Kedekatannya dengan Kuala Lumpur membuatnya mudah diakses, menjadikannya tujuan perjalanan sehari yang populer.